Pendidikan
anak usia dini memiliki fungsi utama mengembangkan semua aspek
perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar
dan halus), sosial dan emosional.
Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang
sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan
keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya. Misalnya, anak-anak yang hidup
dalam lingkungan (baik di rumah maupun di KB atau TK) yang kaya interaksi
dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan
mengucapkan kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah,
mereka sudah mempunyai modal untuk membaca.
Sehubungan dengan fungsi-fungsi yang telah dipaparkan tersebut,
maka tujuan pendidikan anak usia dini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang
memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan
potensinya.
2. Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin
terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
3. Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan
mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan
potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada
jenjang sekolah dasar (SD).
Untuk
informasi selengkapnya, bisa dibuka laman resmi Direktorat PAUD di http://paud.kemdikbud.go.id/main






0 komentar:
Posting Komentar